Berita
/
Siaran Pers
/
Siaran Pers Sekretaris Utama
/
Luncurkan Maskot Baru, BGN Siap Gencarkan Publikasi Program MBG
Luncurkan Maskot Baru, BGN Siap Gencarkan Publikasi Program MBG
Siaran Pers • 2 Juni 2025

Sumber:
Internal BGNJakarta – Badan Gizi Nasional resmi meluncurkan maskot baru di media sosial sebagai tokoh untuk menyampaikan informasi sekaligus edukasi terkait Program Makan Bergizi Gratis pada Jumat, 27 Mei 2025.
Maskot yang dinamai “Minzi” ini dikemas dalam wujud 3D berupa perempuan dewasa. Minzi digambarkan sebagai karakter yang informatif, energik, ramah, dan ceria. Ke depan, maskot ini akan mengisi segmen ‘Petualangan Si Minzi’ di portal Instagram dan YouTube resmi milik Badan Gizi Nasional, yaitu @badangizinasional.ri, serta kanal YouTube Shorts Badan Gizi Nasional Republik Indonesia.
Kepala Biro Hukum dan Humas BGN, Khairul Hidayati, mengatakan, “Kehadiran Minzi akan semakin mewarnai kanal Instagram dan YouTube resmi BGN. Pendekatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat kampanye penyuluhan gizi, edukasi, dan penyebarluasan informasi mengenai Program MBG dengan cara yang lebih menarik,” ungkap perempuan yang akrab disapa Hida tersebut.
Maskot ini diharapkan menjadi simbol yang menarik dan mudah dikenali, khususnya oleh generasi muda, dalam menyampaikan pesan-pesan penting tentang kesehatan gizi serta perkembangan Program Makan Bergizi Gratis.
“Kami percaya bahwa publikasi terkait Program MBG dan diseminasi informasi gizi harus dibawakan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Melalui Minzi, kami ingin menjangkau lebih banyak masyarakat, terutama anak muda dan keluarga muda, agar lebih sadar akan pentingnya gizi dalam kehidupan sehari-hari,” tambah Hida.
Pada tanggal 28 Mei 2025, episode perdana ‘Petualangan Si Minzi’ telah tayang di Instagram dan YouTube BGN. Episode pembuka ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada netizen tentang Program MBG. Segmen ini dikemas dalam bentuk short movie yang menarik sehingga lebih interaktif dan mudah dipahami oleh masyarakat umum serta anak-anak muda.
Selain itu, Program Makan Bergizi Gratis selama ini menyasar lebih banyak kalangan anak-anak dan remaja, sehingga terobosan ini akan lebih selaras dengan penerima manfaat Program MBG. Tayangan audiovisual dengan kisah menarik juga akan membuka peluang jangkauan publikasi yang lebih luas.
“Peluncuran ini menjadi bagian dari strategi digital BGN untuk lebih aktif berinteraksi dengan masyarakat melalui media sosial dalam mendukung keberhasilan Program MBG. Harapannya, Minzi akan menjadi teman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak, mengajak mereka memahami pentingnya makan bergizi dengan cara yang kreatif,” pungkas Hida.
Biro Hukum dan Humas
Badan Gizi Nasional